Dasar Sejarah Iron Maiden

Friday, February 4, 2011

Iron Maiden adalah band yang paling berpengaruh di aliran heavy metal dunia. Band yang sering ditirukan ini sudah berusia melebihi 30 tahun memompa keliaran rock, sebagai salah satu band heavy metal yang penuh dengan kesuksesan hingga saat ini, Iron Maiden sudah menjual lebih dari 70 juta rekaman di dunia. Sekalipun pernah gagal memperoleh perhatian dari media di US (mereka dikritik menjadi satanis karena tema musik gelap mereka dan menggunakan maskot seram mereka “Eddie”), mereka tetap menjadi yang terkenal diseluruh dunia dan tetap diingat akan kepopuleran mereka yang konsisten dalam perjalanan karir mereka. Iron Maiden adalah salah satu group yang diklasifikasikan sebagai “British Metal” dan mendekati Black Sabbath, Led Zeppelin dan band lain pada  kancah rock tahun 80-an.

Cerita Iron Maiden dimulai pada tahun 1971, saat Steve Harris berusia 15 tahun, ia terinspirasi oleh kesukaannya terhadap Wishbone Ash, Jethro Tull dan generasi awal Genesis, ia membeli sebuah bass gitar tiruan Telecaster dan bertingkahlaku layaknya seorang bangsawan dengan membayar £40. Harris sebelumnya mempunyai visi pelabuhan saat suatu hari bermain sepak bola dan kecintaannya terhadap West Ham United  dan dia mendaftar sebagai pemain muda di sekolah sepakbola tersebut. Bagaimanapun, talenta dan organisasi pemain muda The Hammers pada waktu itu jauh dari system profesional. Melanjutkan rezim bermain dan berlatih juga mengartikan bahwa Harris kecil tidak bisa bergabung dengan teman-teman timnya melakukan minum-minum, menonton band dan mengganggu wanita.

Setelah berfikir panjang dan keras, dia meninggalkan harapan akan karir sepak bola dan membangun kekuatan untuk menyukai dan memahami musik rock. Dia berfikir bahwa bagaimana dia bermain dengan rekaman favoritnya dan bermusik bersama teman-temannya. Dia memimpin formasi band dengan nama Influence dan kemudian merubah nama band mereka menjadi Gypsy’s Kiss. Gypsies membuat debut mereka pada acara kontes talenta di Poplar, akhir dari semua tujuan dengan menyebut ini adalah harinya. Harris menembak dengan cara memendam ambisi dengan sebuah band bernama Smiler. Beberapa anggota band yang lain lebih tua usianya daripada dia. Harris mengambil beberapa pengalaman berharga tetapi tetap merasakan tidak berdaya. Smiler sebuah band “good time boogie” dan biarpun mereka pernah memainkan versi “Innocent Excile” lebih awal, mereka memutar balik “ambisi yang terpendam” dan membuat jelas bahwa mereka tidak mengharapkan pemain bass menjadi pengatur dan pemimpin serta penulis lagu. Harris akhirnya merealisasikan bahwa hanya dengan cara membentuk band bersama dan di akhir tahun 1975 IRON MAIDEN lahir. Harris mendapatkan nama dari melihat film lama Iron Maiden dengan judul “The Man In The Iron Mask”. Itu adalah sebuah peti mati besi dengan sepatu olahraga didalamnya dan si korban ditempatkan didalamnya dan ditusuk (seperti daging) hingga mati.

Di musim semi 1976, band menjamin aman tempat di the Cart and Horses Pub Stratford di London Timur. Pasangan pertama penampilan ok, tetapi Harris tetap merasakan ada sesuatu yang hilang. Penyanyi Paul Day menggantikan ex-Smiler Dennis Wilcock dan dia merekomendasikan seorang gitaris muda bertalenta, namanya Dave Murray. Ini menempatkan kembali gitaris residen Terry Rance dan Paul Sullivan yang menghina talenta dan kepergian mereka. Bob Sawyer, yang menggunakan nama Bob D’Angelo, direkrut sebagai gitaris kedua dan bersama Ron Rebel pada drum membuat formasi pertama Iron Maiden yang pantas. Pada saat yang baik formasi awal band untuk mendapatkan tujuan di seluruh London Timur, terbentuklah kekuatan lokal. Setelah 6 bulan, formasi berubah lagi. Bob keluar untuk kesulitan mencoba menjadi penyeimbang gitar Murray. Bob tetap mencoba bersaing dengannya – jelas bukan kontes. Kemudian, setelah barisan di The Bridgehouse, Den memecat Murray yang ingin bergabung dengan Urchin, band dimana teman lamanya berada, Adrian Smith.

Dengan segala macam percekcokan, band memutuskan bebas sementara dengan konsep 2 gitar dan Terry Wapram bergabung dengan gitar tunggal dan Tony Moore direkrut untuk bermain keyboard. Ron Rebel memutuskan untuk tidak menangani perbuatan menjengkelkan dan juga meninggalkan band untuk digantikan Barry Purkis – yang kemudian panggilan untuknya Thunderstick. Formasi terbaru bermain untuk satu tujuan di The Bridgehouse dan ternyata dipenuhi dengan rasa sakit bahwa keyboard adalah bukan jawabannya. Exit Moore mengikuti klaim Wapram yang tidak mau mengikuti permainan tanpa keyboard! Harris datang ke Urchin untuk membujuk Murray bergabung kembali dengan bungkusan Maiden. Den, kemudian berhenti sebelum tujuan di London Selatan dan ketika Thunderstick juga pergi, sesuatu terlihat seperti suram. Harris merekrut ex pemain drum Smiler, Doug Sampson dan ketika mereka bertiga latihan mereka melihat penyanyi baru.

Secepatnya, teman Steve merekomendasikan Paul Di’Anno. Paul lulus audisi dengan warna terbangnya dan band terbentuk ketika mereka kembali. Hal yang sulit pada awalnya di tahun 1977 adalah Punk / Gelombang Baru Revolusi yang penuh dengan irama dan banyak tempat-tempat acara hanya memesan pertunjukkan aliran gelombang baru tersebut. Perusahaan rekaman juga merasakan hal yang sama. Band menerima penawaran, jika mereka menyiapkan untuk memotong rambut dan menjadi punk. Tak ada gunanya kau mengatakan akan menebak jawaban Harry.

Akhir tahun 1978, situasi cukup berimprovisasi untuk mengijinkan band bermain dan membuat mereka kembali dan mendapatkan pertunjukkan regular. Mereka menyadari bahwa mereka membutuhkan sebuah demo dan untuk acara tahun baru mereka di Spaceward. Beberapa studio di dekat Cambridge merekam “Prowler”, “Invasion”, dan “Iron Maiden”. Sesi rekaman tersebut mengeluarkan uang £200 dan band tidak sanggup untuk membeli kaset masternya. Ketika mereka kembali beberapa minggu berikutnya untuk membayar kaset dan rekaman tersebut, kaset itu dihapus, mereka hanya mendapatkan kaset asli yang belum di edit dan belum di mix. Murray memberikan kaset tersebut ke Neal Kay, seorang DJ dengan kecintaannya pada musik hard rock yang sering menggelar malam rock secara regular di The Soundhouse, yang mana berdampingan dengan Pub Bandwagon di Kingsbury, London Utara. Band telah menemukan kemudahan memesan penampilan dan memperbesar kediaman mereka di The Ruskin Arms di Manor Park. Neal memainkan kaset sekali di suatu malam di Soundhouse dan dia heran terhadap reaksinya. Kaset demo juga mendapat perhatian Rod Smallwood. Rod adalah teman rugby, yang juga bekerja dengan Harris mencoba kaset tersebut dan setelah mendengarkannya, menawarkan diri menjadi Manager. Ron mengatur penampilan ke seluruh negri untuk mengijinkan band membentuk kekuatan yang luas di negeri dan juga mengatur penampilan di atau dekat pusat London untuk mendapatkan perusahaan rekaman agar dapat mengetahui Iron Maiden. Salah satu penampilan adalah di The Marquee pada tanggal 13 Oktober. John Darnley dari EMI melihat Iron Maiden dan Ron bertaruh dengan manager The Marquee bahwa penampilan mereka akan laku terjual (700 fans) pada jam 7 malam. Rod memenangi taruhannya dan EMI menandatangani Iron Maiden bulan berikutnya. Apa yang diikuti adalah musik yang teraniaya yang tiada habis-habisnya dari kekuatan band yang dikemas untuk menjadi bagian heavy metal-IRON MAIDEN.

Iron Maiden dirilis tahun 1980 dari kritikan dan sukses secara komersil. Band menjadi pembuka saat tahun 1980 pada saat konser tour Kiss, Unmasked Tour Concert, sebagus pilihan lagu pembuka band legendaries Judas Priest. Setelah tur Kiss, Dennis Stratton dipecat dari band karena hasil perbedaan kreatif dan personal. Akhirnya, di waktu yang tepat datanglah Adrian Smith. Smith membawa sebuah melodi, suara yang aneh untuk Iron Maiden. Bluesnya Smith, suara percobaan yang berlawanan melengkapi kecepatan permainan Murray, gaya kecepatan kilat. Salah satu ciri identitas Iron Maiden adalah gaya dobel ‘twin lead’, gaya harmonisasi gitar antara Murray dan Smith, sebuah gaya dari pelopor Wishbone Ash dan Allman Brothers Band, itu adalah akibat dari keseluruhan gaya level baru Iron Maiden.

Tahun 1981, Maiden merilis album kedua mereka dengan judul Killers. Album ini berisikan lagu-lagu terpopuler pertama band ini dan mereka memperkenalkan kepada pendengar di US. Pada saat inilah ketika penampilan kebintangan mereka menjadi New Wave British Heavy Metal, biarpun band ini berasal dari Inggris tetapi membanjiri pasar US. Killers meninggalkan salah satu sisa album band tercepat dan terberat, dan menyisakan sebuah kefavoritan diantara penggemar musik hardcore.

Anggota

Saat ini

Pendiri

Diskografi

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share This Article